Pemdes Cisarua Sosialisasikan Lembaga Konsumen dan Perlindungan Konsumen bersama OJK Tasikmalaya


Cisarua, 09-07-2019.
Maraknya pinjaman online dan sejenisnya akhir2 ini mulai meresahkan masyarakat, khususnya kalangan milenial. Mudahnya akses pinjaman secara online via medsos membuat masyarakat rentan terhadap dampak negatif sepweti penipuan, penyalahgunaan akses media sosial dan lain-lain. Hal ini menginspirasi pemerintah desa Cisarua untuk melakukan sosialisasi dengan menghadirkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Kasi Pemerintahan (Dedi Kusmana) menjelaskan bahwa pihaknya sengaja menggandeng OJK dalam upaya pencegahan dampak negatif munculnya pinjaman online via medsos. “Sengaja kami bekerjasama dg OJK untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sebagai bentuk pencegahan dini dari dampak negatif pinjaman online yg marak via medsos akhir2 ini”.
Sementara itu Triesma Ratna Dewi (Kepala Sub Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen) OJK Tasikmalaya dalam pemaparannya menyampaikan bahwa masyarakat harus berhati2 dalam mengakses pinjaman online melalui medsos, terutama saat harus mengupload data2 penting yang sifatnya pribadi, karena hal itu dikhawatirkan bisa disalahgunakan oleh fihak2 yg tidak bertanggungjawab. “Perlu kami sampaikan agar masyarakat berhati2 dalam mengisi atau mengupload data2 pribadi dalam aplikasi, agar data bapak/ibu tidak di salahgunakan oleh pihak2 lain yg dapat merugikan Bpk/ibu”.
Supratman (sekmat langkaplancar) dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap pemdes Cisarua atas inisiatif menyelenggarakan sosialisasi Otoritas jasa keuangan bekerja sama dengan OJK. “Kami sangat apresiasi atas inisiatif pemdes Cisarua menyelengarakan kegiatan ini, apalagi langsung menggandeng OJK yg secara kelembagaan sangat kompeten dalam hal ini. Juga terimakasih kepada tim dari OJK tasikmalaya yg telah bersedia memberikan ilmu dan pengalamannya kepada masyarakat desa Cisarua. Semoga langkah desa Cisarua ini diikuti oleh desa2 lainnya”.
Avit Yoga (salah satu peserta) mengaku sangat bersyukur dapat kesempatan mengikuti kegiatan sosialisasi yg langsung bersama OJK, karena materi yg disampaikan pihak OJK sangat bermanfaat baginya dalam mencerna berbagai aplikasi pinjaman online yg sangat mudah diakses via medsos. “Saya bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini, selain materinya sangat bermanfaat, saya jadi tahu mana aplikasi yg terdaftar dan yg bodong”.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan